Panduan Lengkap APKG 1 dan 2 untuk Guru dan Mahasiswa Pendidikan
Apkg 1 dan 2: Pengertian, Tujuan, dan Contoh
H2: Pengertian Apkg 1 dan 2 Pengertian Apkg 1 dan 2
H3: Apa itu Apkg? Apa itu Apkg?
- Apkg adalah singkatan dari Alat Penilaian Kemampuan Guru Apkg adalah singkatan dari Alat Penilaian Kemampuan Guru. Apkg merupakan instrumen yang digunakan untuk mengukur kompetensi guru dalam merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran. H3: Apa itu Apkg 1 dan 2? Apa itu Apkg 1 dan 2?
- Apkg 1 adalah lembar penilaian kemampuan merencanakan pembelajaran terpadu Apkg 1 adalah lembar penilaian kemampuan merencanakan pembelajaran terpadu. Pembelajaran terpadu adalah pembelajaran yang mengintegrasikan beberapa mata pelajaran dalam satu tema penghubung. Dengan menggunakan Apkg 1, guru dapat menilai kesesuaian tema penghubung dengan kompetensi dasar, bahan pembelajaran, tujuan/indikator, materi, media, sumber belajar, skenario kegiatan, pengelolaan kelas, dan prosedur penilaian.
apkg 1 dan 2
- Apkg 2 adalah lembar penilaian kemampuan melaksanakan pembelajaran terpadu Apkg 2 adalah lembar penilaian kemampuan melaksanakan pembelajaran terpadu. Dengan menggunakan Apkg 2, guru dapat menilai keterampilan mengajar dalam pembelajaran terpadu, seperti memulai pembelajaran, menyampaikan materi, mengelola kegiatan siswa, memberikan umpan balik, menutup pembelajaran, dan melakukan refleksi. H2: Tujuan Apkg 1 dan 2 Tujuan Apkg 1 dan 2
H3: Tujuan Apkg 1 Tujuan Apkg 1
- Tujuan Apkg 1 adalah untuk meningkatkan kualitas perencanaan pembelajaran terpadu oleh guru Tujuan Apkg 1 adalah untuk meningkatkan kualitas perencanaan pembelajaran terpadu oleh guru. Dengan menggunakan Apkg 1, guru dapat mengetahui kekuatan dan kelemahan dalam merencanakan pembelajaran terpadu. Guru juga dapat mendapatkan masukan dan saran dari teman sejawat atau tutor untuk memperbaiki rencana pembelajaran terpadu. H3: Tujuan Apkg 2 Tujuan Apkg 2
Outline of the article Article with HTML formatting --- --- - juga dapat mendapatkan masukan dan saran dari teman sejawat atau tutor untuk memperbaiki pelaksanaan pembelajaran terpadu. juga dapat mendapatkan masukan dan saran dari teman sejawat atau tutor untuk memperbaiki pelaksanaan pembelajaran terpadu. H2: Contoh Apkg 1 dan 2 Contoh Apkg 1 dan 2
H3: Contoh Apkg 1 Contoh Apkg 1
- Berikut adalah contoh Apkg 1 untuk tema penghubung "Bumi dan Alam Semesta" yang mengintegrasikan mata pelajaran IPA, IPS, PPKn, dan Bahasa Indonesia di kelas V SD. Berikut adalah contoh Apkg 1 untuk tema penghubung "Bumi dan Alam Semesta" yang mengintegrasikan mata pelajaran IPA, IPS, PPKn, dan Bahasa Indonesia di kelas V SD. - Tabel 1. Contoh Apkg 1 Tabel 1. Contoh Apkg 1
apkg 1 dan 2 pembelajaran terpadu
apkg 1 dan 2 universitas terbuka
apkg 1 dan 2 ptk
apkg 1 dan 2 ppg
apkg 1 dan 2 format
apkg 1 dan 2 contoh
apkg 1 dan 2 pdf
apkg 1 dan 2 doc
apkg 1 dan 2 slideshare
apkg 1 dan 2 download
apkg 1 dan 2 penilaian kemampuan guru
apkg 1 dan 2 perbaikan pembelajaran
apkg 1 dan 2 lembar penilaian
apkg 1 dan 2 studocu
apkg 1 dan 2 akuntansi keuangan menengah
apkg 1 dan 2 akuntansi biaya
apkg 1 dan 2 akuntansi manajemen
apkg 1 dan 2 pengantar manajemen
apkg 1 dan 2 komunikasi bisnis
apkg 1 dan 2 kewirausahaan
apkg 1 dan 2 desain tata letak industri
apkg 1 dan 2 operasi teknik kimia
apkg 1 dan 2 gizi dan kesehatan
apkg 1 dan 2 belajar pembelajaran
apkg 1 dan 2 learning media
apkg 1 dan 2 inovasi pembelajaran biologi
apkg 1 dan 2 pengantar ilmu komunikasi
apkg 1 dan 2 advanced english
apkg 1 dan 2 auditing and assurance services
apkg 1 dan 2 information technology auditing and assurance
apkg 1 dan 2 accounting theory
apkg 1 dan 2 cost accounting
apkg 1 dan 2 communication mosaics an introduction to the field of communication
apkg 1 dan 2 macroeconomics
apkg 1 dan 2 research methods in linguistics
apkg 1 dan 2 kieso intermediate accounting
apkg 1 dan 2 intermediate accounting
apkg 1 dan 2 organizational behavior
apkg 1 dan 2 advanced accounting
apkg 1 dan 2 an introduction to functional grammar
apkg 1 dan 2 elementary and middle school mathematics teaching developmentally
apkg - NoKomponenDeskripsi1Tema PenghubungBumi dan Alam Semesta2Mata Pelajaran yang TerintegrasiIPA, IPS, PPKn, Bahasa Indonesia3Kompetensi Dasar (KD)- IPA: Mendeskripsikan peristiwa alam semesta yang berkaitan dengan bumi sebagai bagian dari tata surya.- IPS: Menjelaskan peranan manusia dalam menjaga kelestarian lingkungan hidup.- PPKn: Menunjukkan sikap peduli terhadap lingkungan hidup.- Bahasa Indonesia: Menyusun teks laporan hasil observasi tentang fenomena alam.4Bahan Pembelajaran- Buku teks- Video tentang bumi dan alam semesta- Gambar tentang bumi dan alam semesta- Benda-benda yang berkaitan dengan bumi dan alam semesta (misalnya globe, peta, kompas, dll)5Tujuan/Indikator- Siswa dapat mendeskripsikan peristiwa alam semesta yang berkaitan dengan bumi sebagai bagian dari tata surya.- Siswa dapat menjelaskan peranan manusia dalam menjaga kelestarian lingkungan hidup.- Siswa dapat menunjukkan sikap peduli terhadap lingkungan hidup.- Siswa dapat menyusun teks laporan hasil observasi tentang fenomena alam.6Materi- Bumi sebagai bagian dari tata surya- Peristiwa alam semesta yang berkaitan dengan bumi (misalnya gerhana, musim, siang malam, dll)- Dampak peristiwa alam semesta terhadap kehidupan manusia- Peranan manusia dalam menjaga kelestarian lingkungan hidup- Teks laporan hasil observasi tentang fenomena alam7Media- Laptop- Proyektor- Speaker- Kertas- Pensil- Penghapus- Spidol8Sumber Belajar- Buku teks- Internet- Guru- Teman sejawat- Lingkungan sekitar9Skenario KegiatanA. Kegiatan Awal (15 menit)
- Guru menyapa siswa dan menanyakan kabar mereka.
Outline of the article Article with HTML formatting --- --- - Guru menginformasikan tujuan pembelajaran dan indikator pencapaian.
- Guru menampilkan video tentang bumi dan alam semesta dan meminta siswa untuk menyimak dengan baik.
- Guru menanyakan siswa tentang apa yang mereka lihat dan dengar dari video tersebut.
- Guru memberikan apresiasi kepada siswa yang aktif berpartisipasi.
B. Kegiatan Inti (60 menit)
- Guru membagi siswa ke dalam beberapa kelompok yang terdiri dari 4-5 orang.
- Guru memberikan setiap kelompok sebuah globe, sebuah peta, sebuah kompas, dan beberapa gambar tentang bumi dan alam semesta.
- Guru meminta setiap kelompok untuk melakukan observasi tentang bumi dan alam semesta dengan menggunakan benda-benda tersebut.
- Guru meminta setiap kelompok untuk mendeskripsikan peristiwa alam semesta yang berkaitan dengan bumi sebagai bagian dari tata surya, seperti gerhana, musim, siang malam, dll.
- Guru meminta setiap kelompok untuk menjelaskan dampak peristiwa alam semesta terhadap kehidupan manusia, seperti perubahan iklim, bencana alam, dll.
- Guru meminta setiap kelompok untuk menjelaskan peranan manusia dalam menjaga kelestarian lingkungan hidup, seperti menghemat energi, mengurangi sampah, dll.
- Guru meminta setiap kelompok untuk menyusun teks laporan hasil observasi tentang fenomena alam yang mereka amati.
- Guru memberikan bimbingan dan bantuan kepada setiap kelompok yang membutuhkan.
- Guru meminta setiap kelompok untuk mempresentasikan hasil observasi dan laporan mereka di depan kelas.
- Guru memberikan umpan balik positif dan korektif kepada setiap kelompok.
C. Kegiatan Akhir (15 menit)
- Guru menanyakan siswa tentang apa yang mereka pelajari dari pembelajaran terpadu ini.
- Guru mengevaluasi pencapaian indikator pembelajaran dengan menggunakan tes tertulis atau lisan.
- Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya atau memberikan tanggapan tentang pembelajaran terpadu ini.
- Guru memberikan rangkuman dan penegasan tentang materi pembelajaran terpadu ini.
- Guru mengajak siswa untuk berdoa bersama sebelum mengakhiri pembelajaran.10Pengelolaan Kelas- Guru menggunakan metode kooperatif dalam pembelajaran terpadu ini.- Guru menggunakan strategi think-pair-share, jigsaw, atau snowball throwing dalam pembentukan kelompok.- Guru menggunakan teknik questioning, probing, atau prompting dalam memberikan pertanyaan atau umpan balik.- Guru menggunakan media audiovisual, gambar, atau benda nyata dalam menyampaikan materi.- Guru menggunakan rubrik penilaian untuk menilai hasil observasi dan laporan siswa.11Prosedur Penilaian- Penilaian dilakukan secara autentik dengan menggunakan berbagai teknik dan instrumen penilaian.- Penilaian dilakukan secara formatif dan sumatif.- Penilaian formatif dilakukan selama proses pembelajaran dengan menggunakan teknik observasi, tes lisan, atau portofolio.- Penilaian sumatif dilakukan pada akhir pembelajaran dengan menggunakan teknik tes tertulis, presentasi, atau produk.- Penilaian melibatkan guru, teman sejawat, diri sendiri, dan orang tua. H3: Contoh Apkg 2 Contoh Apkg 2
Outline of the article Article with HTML formatting --- ---